Minggu, 29 April 2012

Go Green di kamar tidur anda


Green living adalah gaya hidup hijau yang dapat diterapkan di manapun. Anda bisa menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di seluruh bagian rumah Anda. Misalnya menerapkan di kamar tidur Anda. Berikut caranya:
1. Tempat tidur Anda terbuat dari kayu? Saat membelinya, pastikan kayu itu bersumber dari hutan yang dikelola dengan baik. Jangan sampai membeli tempat tidur yang kayunya berasal dari hasil pembalakan liar, atau proses finishingnya menggunakan bahan kimia yang merusak lingkungan.
2. Kasur adalah bagian paling nyaman dari sebuah kamar tidur. Gunakanlah kasur organik, yakni kasur yang kapuknya diambil dari serat alam. Kasur kapuk alami lebih aman dari serangan kuman penyebab alergi, atau tungau dan debu, sehingga juga akan menjamin kesehatan Anda.
3. Selimut. Bahan tekstil yang ramah lingkungan adalah tekstil yang aman dan nyaman bagi kulit, serta tidak menimbulkan alergi. Gunakanlah serat kapas alami dan pastikan proses produksi tekstilnya juga tidak menghasilkan limbah perusak alam.
4. Sistem pencahayaan kamar tidur berhubungan dengan masalah efisiensi energi listrik. Lampu kamar tidur sebaiknya menggunakan lampu LED dan tidak perlu yang ber-watt besar. Untuk pencahayaan alami dapat diakali dengan pemasangan cermin besar yang akan memantulkan sinar lampu.
Supaya kamar tidur tetap terang di siang hari, Anda dapat memasang atap transparan di beberapa sudut atap, dan sinar matahari dapat masuk. Cara ini dapat mengurangi tagihan listrik Anda.
5. Gunakan cat dinding yang ramah lingkungan. Ciri-ciri cat yang mengandung racun dapat Anda ketahui dari baunya. Cat berbahan dasar minyak biasanya mengandung VOC dan baunya menyengat. Sedangkan cat berbahan dasar air memiliki bau yang tidak terlalu menyengat. Cat seperti ini pastilah rendah kadar VOC-nya. Cermatlah dalam memilih produk cat.

Selamat menikmati tidur pulas anda....!!!
Sumber : Tabloid Design Rumah
Gambar : Faeruz 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar