Rabu, 18 April 2012

Daerah suburban terus menjadi area yang paling populer tahun ini. Perkembangannya pun akan lebih ditargetkan untuk segmentasi pasar kelas menengah



Triwulan IV tahun 2011, portal properti terkemuka di Indonesia, Rumah 123.com memberikan sorotan utama periode ini mengenai tren properti terkini. Salah satunya adalah dengan munculnya permintaan perumahan kelas menengah. Rumah123.com mencatat, lima daerah paling diincar dengan permintaan terbanyak pada bulan Oktober dan November 2011 adalah daerah pinggiran kota dengan segmentasi kelas menengah. Total volume pencari properti meningkat 25% perbulannya sejak kuartal terakhir. Terlebih lagi dengan rencana pemerintah untuk mempromosikan kepemilikan rumah bagi masyarakat melalui subsidi.

Dari seluruh proyek perumahan primer yang diluncurkan pada tahun 2012, sebesar 80% properti akan ditargetkan untuk kelas menengah, seperti yang dianalisa dalam penelitian Cushman Wakefield. Hal ini juga menjadi sorotan penting, terutama bagi agent properti yang memasarkan di area perkotaan khusus kelas menengah.  Melihat analisa di atas, CEO iProperti Group, Shaun Di Gregorio mengatakan, harga properti di Indonesia dari 2010 hingga 2012 mengalami kenaikan 40 hingga 60%. "Indonesia memiliki kondisi perekonomian yang kuat saat ini, karenanya tidak mudah terpengaruh oleh krisis Eropa,“kata Shaun Di Gregorio saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta.

Lebih lanjut Shaun menjelaskan, tren properti Indonesia saat ini lebih banyak menyasar pada kelas menengah. Hal ini juga ditanggapi positif oleh Sales Manager Rumah123.com, Meddy H Papinka yang menyatakan bahwasannya bisnis properti di Indonesia di dominasi oleh pasar kelas menengah. "Dengan rata-rata harga rumah berkisar Rp400 hingga Rp500 juta yang ditawarkan di listing situs Rumah123.com menjadi incaran bagi konsumen yang sedang mencari rumah," jelaskan Meddy.

Pada bulan Desember, masuknya permintaan di daerah elite Jakarta, dipandang sebagai anomali yang akan menjadikan bisnis properti lebih baik pada kuartal mendatang. “Sebagai Situs properti terbesar, kami sanggup menyajikan data tren properti Triwulan terkini dari sisi pencarian dan area popularitas, sehingga data yang kami miliki dapat dijadikan acuan atau referensi terkini bagi para investor properti,” ucap Meddy. Dari Triwulan IV 2011, tercatat 5 Area yang paling diincar oleh Pembeli properti melalui situs Rumah123.com.Peringkat Teratas pada bulan Oktober 2011, area yang banyak diminati adalah Bekasi dengan jumlah pencariannya mencapai 163.217, jumlah listing properti sebanyak 1.172.

Rasio antara ketersediaan jumlah Pencarian (search) terhadap jumlahRumah (listing) adalah 139. Sehingga untuk 1 listing rumah di area Bekasi diminati oleh 139 pencari properti. Posisi kedua, Sunter Jakarta menjadi area yang juga di incar oleh konsumen properti, dengan 57 pembeli per 1 listing rumah. Disusul Bintaro Tangerang, 49 pembeli, BSD Tangerang, 40 pembeli rumah, dan Depok dengan 30 pembeli per 1 listing rumah. Sedangkan di bulan November 2011, Rumah123.com mencatat bahwa, Bintaro menempati urutan pertama bagi pembeli rumah dengan jumlah pencarian mencapai 478.168 serta jumlah listing sebanyak 3.548. Hasilnya, 1 listing rumah di Bintaro diminati oleh 135 konsumen.

Berada di posisi berikutnya adalah area Bekasi, Depok, Kelapa Gading dan BSD. Dari data tersebut, terlihat pergeseran peringkat mengenai area yang banyak dicari oleh para pembeli. Kelapa Gading yang tidak termasuk 5 besar pada bulan Oktober 2011, masuk dalam jajaran top five pada bulan November 2011. Pada bulan Desember 2011, 5 Area yang paling diincar oleh pencari properti sebagai berikut, Posisi pertama adalah Pondok Indah dengan jumlah pencarian mencapai 23.567, dengan 92 listing properti. Perbandingan jumlah pencarian dibagi jumlah listing menghasilkan 256 pembeli per 1 listing properti. Area selanjutnya adalah Serpong dengan 209 pembeli per 1 listing properti, disusul Kebon Jeruk dengan 176 pembeli per 1 listing properti, kemudian Tebet dengan 171 pembeli per 1 listing properti, dan Bintaro dengan 165 pembeli per 1 listing properti. Untuk informasi lebih detail, dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
 
Dari data pencarian pada bulan Oktober dan November 2011, Rumah123.com menyimpulkan bahwa area suburbanadalah area yang banyak diincar dan mendominasi, antara lain Bintaro, Bekasi, Depok, dan BSD. Sedangkan pencarian properti di area pusat perkotaan (Pondok Indah, Kebon Jeruk dan Tebet) mengalami peningkatan pada bulan Desember 2011. Sinyal positif yang terjadi, jumlah permintaan terhadap tersedianya pasar properti kelas atas meningkat pesat. Kesimpulan lain di sepanjang Triwulan IV 2011, area Bintaro masih memperlihatkan daerahnya sebagai area terfavorit, dengan peningkatan jumlah pencarian, dan jumlah listing properti terbanyak. Daerah-daerah kelas menengah akan terus menjadi daerah yang paling populer, dan tahun ini  perkembangan properti akan lebih ditargetkan untuk segmen pasar kelas menengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar