Jumat, 11 Mei 2012

Tips Membeli Rumah Seken

Membeli rumah baru atau seken sebenernya tidak ada bedanya. Semuanya sama-sama harus teliti dan harus memenuhi pertimbangan - pertimbangan yang sesuai dengan keinginan kita. Akan tetapi membeli rumah seken harus lebih cermat karena kondisi fisik rumah seken sudah mengalami perjalanan waktu.


Memilih rumah yang sudah pernah ditempati, membutuhkan waktu yang cukup lama, namun kadang terasa agak mudah. Seperti halnya mencari pasangan hidup,dimana kita melihat apakah calon kita sudah memiliki kriteria yang kita inginkan atau kita idamkan begitu juga ketika membeli rumah sebaiknya tidak hanya tergiur tampilan luarnya saja, tapi juga harus mengetahui kondisi rumah tersebut secara keseluruhan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari biaya perbaikan yang membengkak saat anda telah pindah rumah. Ada beberapa hal yang perlu diketahui.

DANA
Pastikan pendanaan anda memadai. Hal inilah yang paling mutlak harus anda sediakan. Hanya saja, rumah yang bagaimana yang bias anda beli dengan kecukupan dana anda. Jika pas-pasan tapi punya keyakinan mampu membeli rumah, kredit adalah alternative yang paling jitu dalam membeli rumah. Jangan lupa bahwa rumah bekas pun bias di KPR kan. Jika ada dana cukup ,cash keras juga boleh, malah kadang nanti dikasih diskon sama penjualnya.

SURVEY LINGKUNGAN 
Lakukan survey yang menyeluruh ke wilayah yang Anda targetkan. Jika Anda ingin mencari tempat yang tenang, jauh dari kebisingan, ada baiknya jika survey ditempat target lebih dari sekali.Syukur-syukur mau survey siang malang, jadi bisa tahu betul kondisinya. Lihat pula lingkungan sekitar dan ada baiknya Tanya-tanya kondisi lingkungan sama satpam setempat, jika ada.

MELIHAT KONDISI FISIK TARGET.
Berhubung kita akan membeli rumah seken, pastinya kondisi target rumah tidaklah bisa dipastikan umurnya. Apakah masih layak ataukah sudah perlu diganti. Perhatikan kondisi dinding rumah tersebut apakah lembab (mungkin bocor?), cat terkelupas. Perhatikan langit-langit ruangan untuk mencari tahu hal yang sama. Mulailah memeriksa semua kondisi rumah mulai bawah sampai atas. Cara paling aman, suruhlah tukang mengecek segala kondisi rumah yang akan anda beli.

UTILITAS
Hal mutlak dalam rumah adalah lancarnya semua system utilitas. Periksa bagian ini tidak kalah pentingnya dengan yang lain. Misalnya, jika sebagian lampu-lampu tidak ada, pastikan dengan pemilik rumah apakah lampu-lampu tersebut akan dilengkapi oleh pemilik. Nyalakan beberapa peralatan listrik yang tersedia untuk memastikan bahwa listrik masih berjalan. Perhatikan apakah tempat colokan listrik sudah memadai. Perhatikan apakah telpon dan TV sudah ditaruh di posisi yang nyaman. Nyalakan keran air di berbagai tempat untuk melakukan pengecekan terhadap tersedianya air. Tekan tombol siram di WC untuk memastikan tidak adanya kemampetan. Perhatikan lantai dan tembok kamar mandi untuk melihat apakah ada kebocoran. Perhatikanlah di bawah wastafel untuk melihat ada tidaknya kebocoran.

SURAT DAN DOKUMEN
Jika anda sudah sreg dengan rumah seken yang ingin anda beli, terakhir adalah periksa kelengkapan surat dan dokumen rumah. Biasanya surat-surat ini paling berpotensi untuk menjadi sumber masalah atau sumber perselisihan. Bawalah notaries untuk mengetahui keabsahan surat-surat tersebut dan pastikan rumah ini tidak pernah punya riwayat yang mencurigakan.

Demikian beberapa hal sederhana yang mungkin bisa dilakukan sebelum membeli rumah seken. Selamat berburu rumah



Sumber : Tips & Info property
Gambar : Exclusive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar